Thursday 17 June 2010

Supervisi untuk survei pengukuran LAI dan SPAD

Pada hari ini Senin,14 Juni 2010 berangkat menuju ke Indramayu dengan tim KSA,dimana disana saya untuk supervisi supersite. Yang sebelumnya melengkapi perlengkapan-perlengkapan untuk Dinas Pertanian dan Peternakan Indramayu seperti coolbox,alat tulis,meteran dan blue ice.

Tiba di Indramayu saya berkoordinasi dengan tim Dinas Pertanian dan pertanakan Indramayu Bpk Nandang untuk bertemu malamnya membicarakan dan menentukan lokasi hari esok mana yang termasuk vegetatif 2 dan selebihnya..keputusannya kami dapat yaitu mengambil daerah terjauh(Ds.simbon,Kec.Kroya) dan menanyakan perlengkapan yang kurang.
Keesokan harinya Selasa,15 Juni 2010,saya dan tim Dinas menuju lokasi Ds.Simbon,kroya yang termasuk golongan 2 dengan kode 62206 dan bertemu mantri tani Bpk.Raska.
Selama survei,saya mengajarkan penggunaan alat SPAD dan pengisian form. Dilain hal ada beberapa kondisi tanaman yang sehat dan ada beberapa yang terkena hama PBPP(Penggerek Batang Padi Putih). dapat dilihat pada Gambar PBPP.

Survei hari ketiga,pagi harinya menuju ke BB PADI,Subang untuk memberikan sampel untuk dihitung LAI(Leaf Area Index), Biomass(Basah maupun kering).Disaat itu saya memperkenalkan tim dinas Indramayu dengan Bapak Ujang(wakil dari BB PADI) utnuk dilanjutkan pemberian sampel selanjutnya.
Pada waktu yang sama,Bapak Nandang dan Bapak Hengky mengukur Golongan 3 : 66401 (Ds.Kendayakan, Terisi) ternyata ada 2 quadrat patokan bambunya terlepas setelah mereka sadari pengukuran setelah selesai dan untuk golongan 3 memiliki varietas masih masa vegetatif.

Masih ada beberapa lokasi untuk tim dinas ukur kembali yaitu 66304 (Ds. Gabuskulon, Gabuswetan), Gol 4 : 70503 (Plawangan, Bongas), 66303(Ds.Kedungdawa, Gabuswetan), 66204 (ds. Sidodadi, Haurgeulis),untuk 70504 (Ds.Soge, Kandanghaur) sudah masa panen.

Link Album:
Album Supervisi Indramayu LAI dan SPAD

No comments:

Post a Comment