Wednesday 9 June 2010

Peluncuran SIJAMPANG

Pada hari Selasa, 8 Juni 2010 peresmian peluncuran Sijampang. Sijampang merupakan sistem informasi yang melengkapi informasi cuaca ditanah air. Sijampang merupakan singkatan dari Sistem Informasi Hujan dan Genangan berbasis Keruangan. Sijampang mengkhususkan pada penyebaran informasi hujan dan genangan terkini (near real time) yang dihasilkan dari data Radar Cuaca yang terpasang di PUSPITEK Serpong,Tangerang.
Sijampang melibatkan partisipasi publik dalam bentuk informasi insitu mengenai hujan dan genangan yang terjadi melalui SMS. Selain dari radar cuaca dan informasi publik, Sijampang juga menerapkan konsep integrasi dara melalui internet,dimana data dari berbagai sumber dapat disatukan dan dijadikan informasi yang lebih komprehensif.

Sosialisasi aplikasi dan teknologi yang digunakan Sijampang dilakukan melalui beberapa kegiatan antara lain melalui blog,milis yang terkait dengan pemangku kepentingan,dan juga melalui kunjungan ke sekolah. Khusus mengenai kunjungan ke sekolah(Sijampang goes to school) dari tingkat dasar hingga menengah agar menambah wawasan mengenai teknologi terapan dan kondisi lingkungan yang terjadi didaerahnya.


Sijampang dapat diakses melalui :
Peta Hujan terkini : http://neonet.bppt.go.id/sijampang
Info Hujan terkini : http://twitter.com/infohujan
Blog kegiatan : http://sijampang.wordpress.com
Facebook : http://bit.ly/fbsijampang.

No comments:

Post a Comment