Thursday 17 June 2010

Pelatihan Pemrograman IDL (Interactive Data Language)

Bidang Pemodelan PTISDA bekerjasama dengan Pusbindiklat BPPT mengadakan pelatihan pemgrograman dengan menggunakan IDL pada hari Rabu, 16 Juni 2010 bertempat di Ruang Pelatihan Pusbindiklat Gedung BPPT I lantai 13 dengan pengajar Ir. Sidik Mulyono, MEng. Pelatihan IDL kali ini lebih ditujukan untuk keperluan program Hyperspectral untuk pertanian.

Pelatihan dihadiri oleh 16 orang peserta berasal dari beberapa unit di BPPT. Peserta terlihat sangat antusias dengan materi yang diajarkan. Terlebih lagi pengajar dan fasilitas di Pusbindiklat yang sangat mendukung menjadikan pelatihan berlangsung lancar karena peserta bisa langsung mencoba sendiri apa yang diajarkan.

IDL (Interactive Data Language) adalah software ideal untuk keperluan analisis data, visualisasi, dan pengembangan aplikasi lintas platform. IDL yang pemrogramannya mirip bahasa pemrograman MATLAB tetapi memiliki keunggulan IDL yaitu IDL dapat mengintegrasikan kekuatan antara bahasa yang berorientasi array dengan analisis matematika yang kompleks dan teknik penyajian grafik. Dan IDL dapat menggunakan beberapa kombinasi bahasa pemprograman bahasa C ataupun Fortran tanpa menghilangkan fleksibilitas dan kinerja.

No comments:

Post a Comment