Friday 9 April 2010

Spectrometer dan Program SRISOFT

Tahun ini Tim Modelling akan melakukan 4 pupuk berbeda yaitu 0,100,250 dan 350Kg dengan varietas 3 untuk sementara yaitu : IR64,Impari10 dan Hipa5 dengan 3 kali ulangan. Lokasi ini telah juga dikunjungi dua tahun lalu saat tim melakukan pengukuran dengan alat spectrometer HR2000+ tapi kali ini menggunakan alat dari kerjasama Bakosurtanal dan alat dari Jepang. Dan sasaran berikut dari alat ini dapat hasil yang optimal.

Tahun lalu, 2009, pengukuran spektral padi dilakukan untuk satu varietas yaitu varietas Ciherang(Cg),Cilamaya(Cl),IR-64(Is),IR-42(If),Sintanur(Sn),dan Ketan Lusi(Kt) pada tiga stadia (vegetative, generative dan ripening). Akhir dari pengukuran ini didapatkan prediksi data level dari 0.0 s/d 2.0 yang diprogram oleh Tim Modelling dinamakan "SRISOFT".
Gambar SRISOFT

Dimana prediksi data level
Data level 0.0 : berupa data text files untuk hasil pengukuran fieldspec(FS)
Data level 0.1 : berupa nilai rata-rata hasil pengukuran dari versi sebelumnya.
Data level 1.0 : berupa nilai rata-rata quadrate base yang telah diberi nama fase pertumbuhan (Vegetatif,Reproduktif,Ripening dan Total) dan list Varietas.
Data level 2.0 : berupa penklasifikasian per band dan berdasarkan fase pertumbuhan.

Dan setelah mendapatkan data level-level tersebut kemudian dimethodekan secara linier regresi,MLR,PCR dan PCA.

Tim yang bekerjasama dengan rekan-rekan yaitu dari BB-Padi Sukamandi Subang,Kementrian Pertanian dan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu dan Bakosurtanal.

Created by M.Iqbal Habibie,S.Kom,MCP

No comments:

Post a Comment