Monday 29 March 2010

Ayo nge-"BLOG"!

oleh Agus Wibowo

Apa itu Blog?

Blog adalah singkatan dari Weblog adalah salah satu tipe website. Istilah Weblog digunakan untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu di-update secara kontinu dan berisi tautan ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Blog dapat juga diartikan sebagai kata kerja yang berarti mengelola atau menambah content pada suatu blog. Seseorang yang menulis blog kemudian disebut sebagai seorang Blogger.

Jenis Blog

Blog dikelompokkan dalam bentuk dan jenis informasi yang disediakannya pada umumnya blog berbentuk seperti Website pada umumnya yang memuat teks, gambar, dan tautan ke website atau blog lain. Kemampuan pengguna untuk memberikan komentar dengan berbagai format teks pada blog merupakan hal yang penting ada dalam suatu blog. Jenis-jenis blog yang ada antara lain:

• Artblog yaitu blog yang fokus memberikan komentar pada bidang kesenian
• Photoblog yaitu blog yang fokus untuk berbagi dan publikasi foto
• Video blogging yaitu blog yang fokus untuk berbagi dan publikasi video atau internet TV,misalnya Youtube.
• MP3 blog yaitu blog yang fokus untuk berbagai file musik dalam format MP3, pengguna dapat mengunduh file musik yang ada dan juga memberikan komentar
• Podcasting yaitu blog yang fokus untuk berbagi file musik dalam bentuk file musik dijital baik video atau audio.
• Microblogging adalah tipe blog dengan teks yang terbatas, misalnya Twitter.

Trus blog kita ini termasuk dalam kategori apa? Menurut saya blog kita ini khusus menfokuskan pada isu-isu tentang pemodelan untuk keperluan inventarisasi dan eksplorasi sumberdaya alam. Untuk keperluan pemodelan tersebut tentunya akan ditulis dalam bentuks teks, angka, gambar, audio, video bahkan mungkin dalam bentuk peta atau citra satelit.

Ikatlah ilmumu dengan menuliskannya

Istilah ini saya dengar pertama kali dalam rapat mingguan NEOnet 23 Maret 2010. Dr. Udrekh mengutip perkataan Ali bin Abi Tholib ra tersebut untuk menyemangati personil NEOnet agar mengisi blog NEOnet. Saya termasuk yang termotivasi dengan perkataan tersebut makanya saya juga mengajak rekan-rekan untuk menulis apa saja. Master Blogger kita Hartato yang pernah mengajar nge-Blog di NEOnet bilang "tulis apa saja", pertama-tama memang kita ragu-ragu dan berpikir apa tulisan saya bagus ya? Jangan khawatir dan takut, ada istilah "bisa karena biasa" jadi jika anda biasa menulis maka secara otomatis keberanian dan kemampuan menulis anda akan semakin baik ... mari kita ramaikan blog kita ini dengan mengisinya dengan tulisan kita, jangan takut, jangan ragu dan bimbang tulis apa aja yang ada dalam pikiran anda. Ayo nge-BLOG .... selamat nge-BLOG!

No comments:

Post a Comment